Arti kata Ubuntu? Ubuntu artinya “kemanusiaan terhadap orang lain” yang berasal dari bahasa Afrika.

Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis GNU/Linux yang dikembangkan oleh komunitas sehingga menjadi salah satu Distro Linux yang sempurna untuk perangkat laptop, desktop dan server. Ubuntu dapat digunakan untuk disemua lingkungan baik perkantoran, rumahan maupun pendidikan. Aplikasi yang disediakan sangat lengkap, mulai dari pengolah kata, aplikasi email, multimedia maupun aplikasi internet.
Ubuntu akan selalu bebas biaya. Anda tidak perlu membayar biaya lisensi. Ubuntu hadir dalam dua versi yaitu versi desktop dengan tampilan grapis yang menarik, dan versi server yang terkenal dengan ketangguhannya.
Tampilan Desktop dari Ubuntu Precise Pangolin:
Pengembangan Ubuntu selalu di kembangkan oleh Team ubuntu dan selalu dirilis setiap durasi enam bulan sekali. Itu berarti Anda akan selalu mendapatkan aplikasi-aplikasi terbaru dari Dunia Open Source.
Ubuntu dirancang dengan sistem keamanan yang baik. Pengguna Ubuntu akan mendapatkan update celah keamanan tanpa ada biaya selama sekurang-kurangnya 18 bulan pada desktop dan server untuk versi ubuntu standar. Ubuntu juga tersedia dalam paket Long Term Supprt (LTS) dimana pengguna Ubuntu akan mendapatkan dukungan tiga tahun pada desktop, dan lima tahun pada server. Untuk upgrade versi ubuntu terbaru tidak akan dikenakan biaya dan akan selalu Free.
Semua yang anda butuhkan sehari-hari ada dalam satu CD, yang memiliki fitur yang lengkap. Perangkat lunak tambahan tersedia online.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Ubuntu dan filosofi Ubuntu, kunjungi situs resmi Ubuntu.
Untuk mendapatkan dukungan Ubuntu bahasa Indonesia, bergabung dengan Forum Ubuntu Indonesia.
Kenapa Sebaiknya Ubuntu?
  • Ubuntu sangat mudah untuk digunakan
  • Ubuntu mudah di install dan bisa dijalankan tanpa perlu di install
  • Ubuntu adalah perangkat lunak Open Source dan Free
  • Ubuntu memiliki tampilan yang menawan
  • Data aman dan komputer bebas virus

Tentang Ubuntu Server
Ubuntu Server versi LTS terakhir adalah versi 14.04, mewarisi sifat-sifat dari distro induk yaitu debian yang sangat baik dalam pengelolan paket. Ubuntu juga memiliki kinerja yang handal dan terus berkembang hingga saat ini.

Dengan hadirnya Ubuntu Server maka trend pasar server untuk bisnis berubah dengan menyediakan secara free. Ubuntu Server menempatkan diri sebagai salah satu sistem operasi server yang stabil dan aman. Ubuntu sekarang dapat ditemukan dengan mudah di banyak perusahaan di seluruh dunia.

Ubuntu Server sangat hemat sumber daya hardware, memori yang dibutuhkan sangat rendah. Server Ubuntu dapat menjadi tulang punggung untuk layanan server untuk keperluan bisnis. Ubuntu selain didukung oleh developer yang handal juga didukung oleh komunitas besar yang saling berbagi pengetahuan dan pengalaman saat menggunakan Ubuntu Server.

Kelebihan Ubuntu Server:
  • Mudah diintegrasikan dalam jaringan lokal ataupun publik.
  • Investasi biaya termasuk kategori rendah untuk ukuran server bisnis.
  • Menawarkan skenario pengembangan yang berkelanjutan.
  • Dukungan bug fixing dari developer tersedia secara free.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *