Apabila Anda belum tahu apa itu genset, pergilah ke mini market atau perusahaan. Perhatikan apakah di sana ada sebuah mesin yang mampu menyalurkan listrik saat terjadi pemadaman? Nah jika iya, maka itulah yang dinamakan genset. Apa pengertian lengkap dan bagaimana cara merawatnya?

Merawat Genset

Pengertian Genset

Genset atau generator set merupakan teknologi yang berfungsi sebagai pengganti sumber listrik ketika mati. Biasanya digunakan untuk membantu kestabilan listrik di perusahaan atau toko skala menengah ke atas. Apalagi jika di sana terdapat pekerjaan yang membutuhkan bahkan tergantung pada pasokan listrik.

Karena siapapun tidak bisa memprediksi kapan PLN akan melakukan pemadaman atau perbaikan. Oleh karena itu, keberadaan genset sangatlah penting. Termasuk para petani apabila ingin menerangi sawahnya. Dianggap sangat praktis, karena bisa dipindahkan dari satu tempat ke yang lain.

Digerakkan oleh set generator yang sudah disusun menggunakan detail tertentu agar menghasilkan besaran yang dibutuhkan. Pola dasarnya yaitu mengubah energi kinetik menjadi gerak melalui perangkat di dalamnya. Jadi bisa dikatakan bahwa genset merupakan sumber energi pembangkit listrik.

Bagaimana Cara Menggunakan dan Merawatnya?

Cara menggunakannya cukup gampang. Anda hanya tinggal menghubungkan kepala kabel ke aliran listrik. Kemudian genset dinyalakan dengan beberapa tarikan hingga berhasil. Perlu juga dilakukan perawatan yang dikenal dengan commisioning genset. Yaitu serangkaian tes yang dilakukan untuk memastikan agar performa genset dalam kondisi baik dan terjaga. Apa saja lingkupannya?

1. Pemeriksaan desain

Petugas akan memastikan apakah desain sudah pada rancangan yang pas dan siap digunakan. Berupa inspeksi radiator, alternator, visual engine dan lain-lain.

2. Pengujian Kinerja Fungsional

Yaitu menguji penerimaan beban, output pada saat pengisian daya baterai dan tes penerimaan beban. Agar performa kinerjanya tetap terjaga.

3. Pemeriksaan pada Bagian Panel Kontrol

Pada proses ini, petugas akan mengontrol hambatan listrik, uji kenaikan suhu dan pengujian lainnya.

4. Cek Tangki Bahan Bakar

Mengecek tangki bahan bakar dilakukan pada saat pra commisioning dalam pengelasan, konstruksi pengecatan dan beberapa komponen lainnya. Apabila sudah beres, maka tes selanjutnya bisa dilakukan.

By admin