fundraising

Sebagai makhluk sosial manusia tentunya tidak dapat hidup sendiri.

Oleh karena itu, sebagai sesama manusia seharusnya saling membantu.

Banyak cara untuk membantu sesama salah satunya dengan melakukan penggalangan dana atau yang sering disebut dengan fundraising.

Fundraising merupakan sebuah kegiatan menghimpun atau menggalang dana untuk membantu orang yang sedang mengalami kesulitan. Kegiatan tersebut dapat berupa sedekah, zakat, infak ataupun bantuan dana dari perorangan, organisasi, kelompok, perusahan serta pemerintah.

Penggalangan dana ini tidak hanya berbentuk uang saja melainkan jasa dan barang. Adanya kegiatan ini tentunya dapat meringankan beban orang lain. Dana yang telah terhimpun biasanya digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan ataupun membiayai kegiatan operasional demi kepentingan orang banyak.

Kegiatan penggalangan dana ini dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti sebagai berikut :

  1. Mengadakan acara

Metode pertama yaitu dengan mengadakan acara. Hal ini cukup sering digunakan oleh organisasi non-profit (nirlaba) untuk mengumpulkan dana. Mereka memiliki tujuan yang telah ditentukan dengan mengundang orang-orang ke acara tersebut. Ketika dana telah terkumpul, nantinya dana itu akan diberikan kepada lembaga tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

  1. Menyediakan kotak amal

kotak amal jadi salah satu metode dari penggalangan dana yang banyak digunakan untuk mengumpulkan dana. Pada umumnya kotak amal disediakan di tempat keagamaan seperti masjid, ataupun tempat-tempat umum lainnya.

  1. Melakukan kampanye melalui media sosial

Hal ini biasanya salah satu metode yang banyak digunakan lembaga atau perorangan untuk melakukan penggalangan dana melalui media sosial. Pada umumnya kegiatan ini diawali dengan menceritakan beberapa hal peristiwa dan tujuan diadakannya penggalangan dana tersebut. Biasanya kampanye ini dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Tik Tok.

  1. Penggalangan dana melalui situs web

Mengumpulkan dana juga dapat dilakukan melalui situs web seperti wecare.id. Website ini merupakan salah satu situs web yang bergerak di bidang sosial untuk menghimpun dana. Dana tersebut nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ini beberapa manfaat dari melakukan penggalangan dana yaitu sebagai berikut :

  1. Mengumpulkan dana

Dengan melakukan beberapa kegiatanĀ  ataupun menyelenggarakan acara sosial, dengan tujuan untuk mengumpulkan dana agar dapat diberikan atau disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini Artinya kita dapat membantu orang lain meringankan beban mereka

  1. Menjalin relasi dan mendapatkan berbagai donatur

Penggalangan dana ini melalui berbagai situs website ataupun media sosial dapat menghimpun berbagai para donatur dari segala bidang. Tentunya hal ini juga dapat meningkatkan relasi bagi para individual maupun lembaga tersebut.

  1. Bentuk berbagi sesama manusia.

Penggalangan dana ini merupakan Salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama untuk membantu orang yang sedang mengalami kesulitan baik dari segi dana ataupun tenaga. Adanya penggalangan dana dengan berbagai metode itu Artinya kita mengajak berbagai orang dari kalangan manapun berbuat kebaikan.

Itulah pengertian dari serta berbagai metode yang dapat dilakukan oleh para orangan maupun lembaga menggalang dana. Salah satunya melalui website wecare.id kita dapat menyalurkan bantuan ataupun dana melalui website tersebut. Hal ini juga mempermudah para donatur untuk menyumbangkan dananya guna membantu orang yang sedang mengalami kesulitan.

Melalui situs wecare.id dapat melihat berbagai macam-macam donasi seperti donasi untuk kesehatan ataupun kegiatan sosial lainnya. Tersebut para donatur dapat melihat berbagai orang yang sedang mengalami kesulitan dan dapat memilih dana akan disumbangkan kepada siapa serta bidang apa.

By admin