Concealer adalah salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah yang bertujuan untuk membuat kulit seseorang terlihat lebih mulus. Concealer menjadi sahabat bagi para wanita. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah mata panda atau noda pada wajah. Selain memilih Concealer yang tepat, kamu juga harus mengetahui cara memakai concealer sesuai aturan yang telah ditentukan.

Concealer dapat menyamarkan flek hitam atau jerawat. Selain itu, concealer juga bermanfaat untuk menutupi kantung mata agar wajah terlihat lebih segar. Concealer menawarkan manfaat untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah. Jika dulu concealer hanya dipakai oleh para make up artist, saat ini telah banyak wanita yang menggunakan concealer untuk merias diri sendiri. Dan berikut cara memilih concealer sesuai dengan kulit kamu.

Tips Memilih Concealer

Tahu Jenis Concealer-mu

kamu harus tahu semua jenis concealer, guna menjadi bahan pertimbangan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kulitmu. Ada liquid concealer yang berbentuk cair, stick concealer yang bertekstur semi padat, cream concealer yang dikemas dalam bentuk pot atau palet dan powder concealer yang berbentuk bubuk seperti bedak. Nah, dari sini, kamu baru bisa lanjut ke step selanjutnya!

Peka Pada Kondisi Kulit

Jangan cuma fokus pada jenis concealer yang akan kamu gunakan, melainkan jenis kulitmu. Dengan kata lain, kamu harus peka pada kondisi kulitmu guna mengetahui kebutuhannya. Kalau kulitmu normal tapi suka jerawatan, kamu bisa menggunakan liquid concealer atau powder concealer. Akan tetapi, kalau kulitmu cenderung kering dan sensitif, stick concealer dan cream concealer bisa menjadi solusi yang tepat.

Sesuaikan dengan Warna dan Jenis Kulitmu

Kamu harus perhatikan warna kulitmu terlebih dahulu! Yup, layaknya memilih foundation, kamu harus menyesuaikan warna concealer sesuai dengan warna kulitmu. Caranya, cukup oleskan concealer tester pada lengan, kemudian perhatikan apakah warnanya terlalu putih atau gelap. Kalau iya, berarti warna pada concealer tersebut bukan untuk kulit wajahmu. Yang cocok adalah jika warna yang timbul tidak terlihat berbeda dengan warna kulitmu.

Jika kamu memiliki kulit kering, hindari menggunakan liquid concealer dengan hasil finishing matte, karena akan membuat kulitmu terlihat lebih kering dan bisa crack. Lebih baik pilih liquid concealer yang mengandung mineral agar kultimu bisa tetap lembab.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka jangan gunakan concealer yang bertekstur creamy atau stick ya, karena biasanya concealer ini mengandung mineral oil yang dapat memicu produksi minyak. Selain itu jenis concealer ini juga dapat menyumbat pori-pori pada wajah dan membuat wajah terlihat semakin mengkilap. Pilihlah concealer dengan matte finish.

Jika kamu memiliki lingkaran hitam pada mata atau noda hitam yang ingin disembunyikan, carilah concealer yang dapat memberikan medium coverage untuk menutupi hiperpigmentasi tersebut. Concealer jenis ini sangat cocok untuk menutupi pembuluh darah yang terlihat pada kulit maupun bekas jerawat.

By admin