biaya operasi sendi lutut

Osteoartritis merupakan salah satu penyakit yang biasanya terjadi pada sendi seperti lutut. Lutut memang menjadi salah satu bagian tubuh manusia yang mana memiliki banyak kemampuan dalam menopang tubuh manusia. Dengan adanya lutut manusia bisa menggerakkan kaki ke depan dan kebelakang. Dengan adanya lutut juga akan mendapatkan power yang kuat saat menendang sesuatu. Osteoartritis adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian persendian lutut.

Nah Osteoartritis memiliki gejala yang bisa memberi pertanda saat sebelum sendi mengalami penyakit tersebut. Ada banyak gejala yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami Osteoartritis. Osteoartritis juga memiliki penyebab yang signifikan terjadi, dan sering di lakukan penderitanya. Kita juga akan membahas mengenai biaya operasi sendi lutut yang bisa menjadi patokan untuk mengumpulkan uang saat ingin melakukannya.

Perkiraan Biaya Operasi Sendi Lutut Untuk Pasien Non BPJS

Berapa biaya operasi sendi lutut?

Biaya operasi Total Knee Replacement bervariasi, tergantung dari pihak rumah sakit yang menyelenggarakannya. Di Indonesia sendiri, biaya prosedur ini bisa di mulai dari harga Rp. 18.000.000 hingga lebih dari Rp. 85.000.000 per lutut. Jadi sebelum anda memutuskan untuk melakukan operasi, siapkan terlebih dahulu biaya yang di perlukan.

Apakah operasi sendi lutut di tanggung oleh BPJS?

Satu hal yang menggembirakan, biaya operasi sendi itu termasuk yang di tanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan. Hal ini tentu sudah ada dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Meski demikian, masih banyak juga dari para pasien memilih untuk menggunakan operasi umum lantaran lebih terjamin urusan pelayanannya.

Bagaimana Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Operasi TKR Lutut?

Sebelum pada akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi, Anda terlebih dahulu harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan kondisi lutut. Pemeriksaan yang akan Anda lakukan di sini dapat mencakup pemeriksaan kondisi fisik. Bahkan juga pemeriksaan riwayat kesehatan, dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, foto Rontgen, atau MRI.

Anda juga akan di minta untuk berpuasa selama kurang lebih 8 jam sebelum operasi di mulai dan menginformasikan kondisi kesehatan Anda sebelum operasi. Termasuk kehamilan dan alergi terhadap obat bius yang akan di gunakan pada saat operasi berlangsung. Anda juga akan di anjurkan untuk mulai membiasakan diri dengan penggunaan alat bantu jalan, seperti halnya tongkat.

Bagaimana Prosedur Operasi TKR Lutut Di jalankan?

Langkah pertama anda akan di minta untuk berganti pakaian dengan pakaian khusus operasi. Selanjutnya anda akan di baringkan di meja operasi, dokter akan memberikan Anda obat bius total sehingga Anda tidak sadar selama operasi berlangsung. Anda juga akan di pasangi kateter untuk menampung air urine yang keluar selama melangsungkan operasi. Tidak lupa juga rambut di sekitar lutut anda akan di cukur untuk membersihkan daerah operasi.

Jadi seperti itu kiranya biaya operasi TKR Lutut yang bisa di jadikan sebagai patokan untuk anda. Semoga bermanfaat ya! Salam sehat.

By admin