Badminton yang dikenal dengan sebutan Bulu Tangkis merupakan salah satu jenis olahraga paling populer dan digemari banyak masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Bahkan olahraga Bulu Tangkis sudah sejak lama dipertandingkan dalam berbagai ajang. Nah, olahraga yang sangat menyenangkan ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang bugar.

Selain karena memang tubuh kita banyak bergerak ketika bermain badminton, otak atau pikiran kita juga bisa rileks. Ya, khususnya untuk Anda yang penat dengan pekerjaan atau aktivitas sehari hari yang berat, permainan Bulu Tangkis bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mental tetap dalam kondisi baik.

Bahkan menurut beberapa penelitian, Bulu Tangkis dapat dijadikan olahraga untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari tekanan darah tinggi atau hipertensi, menurunkan stress, kolesterol tinggi, osteoporosis dan masih banyak lagi. Secara spesifik manfaat bermain Badminton juga bisa dirasakan untuk wanita dan pria yang ingin tinggi badan naik.

manfaat main badminton

Bagi Anda yang menyukai olahraga Bulu Tangkis atau mungkin baru mau mencobanya, coba deh simak deretan manfaat bermain badminton untuk kesehatan tubuh yang bugar di bawah ini.

7 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh Agar Bugar

1. Mencegah Hipertensi

Manfaat bermain bulu tangkis yang pertama disebutkan dalam daftar ini adalah dapat mencegah hipertensi. Sebenarnya, melakukan berbagai macam olahraga yang baik bisa berkhasiat untuk mengendalikan tekanan darah sehingga stabil, namun menariknya olahraga badminton ini mampu memberikan kepada kita manfaat yang jauh lebih besar untuk kesehatan pembuluh darah dan Jantung loh.

Mengapa demikian? Pada saat kita bermain bulu tangkis, maka kita diharuskan untuk menggerakkan semua anggota bagian tubuh secara aktif. Hasilnya sirkulasi darah akan mengalami peningkatan dan akhirnya akan memengaruhi keefektifan kinerja pembuluh darah dan jantung. Hal ini lah yang membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

2. Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Badminton termasuk ke dalam jenis olahraga kardio, yang tentu saja bisa membuat otot jantung terlatih menjadi lebih kuat. Selanjutnya hal ini akan membuat pembuluh darah secara lebih efektif mendistribusikan oksigen sekaligus nutrisi ke berbagai sistem, jaringan dan juga organ organ di dalam tubuh. Hasilnya Anda sendiri bisa merasakan ketika tubuh akan terasa jauh lebih bersemangat dan bugar.

3. Menurunkan Berat Badan

Anda mau menurunkan berat badan secara sehat? Olahraga adalah cara yang paling efektif untuk bisa menurunkan berat badan. Daripada harus mengurangi porsi makan, lebih baik seimbangkan dengan jenis olahraga yang tepat. Dalam hal ini, secara rutin berolahraga bulu tangkis akan bermanfaat dalam membuat sistem metabolisme tubuh meningkat dengan signifikan.

Selanjutnya akan berimbas juga pada proses pembakaran lemak di dalam tubuh dengan baik sehingga akan menurunkan berat badan. Tahukah Anda, kalau bulu tangkis mampu membantu membakar kalori dalam jumlah yang relatif banyak daripada hanya berolahraga lari atau berjalan kaki. Setidaknya ada sekitar 450 kalori untuk setiap jam nya.

4. Fungsi Kognitif Otak Semakin Membaik

Tidak hanya hal hal diatas, tidak disangka kalau bermain bulu tangkis juga bisa memberikan manfaat dalam hal menjaga kesehatan otak loh. Bagaimana bisa? Ya, hal ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan sirkulasi darah termasuk kebagian menuju otak.

Nah, dari kondisi inilah yang memberikan manfaat positif bagi kinerja bagian saraf dan juga transmitte di dalamnya. Bahkan jika kita rutin melakukan olahraga bulu tangkis bisa membuat massa otak semakin meningkat.

Perhitungannya seperti ini apabila kita bermain badminton selama kurang lebih 30 menit saja sebanyak 5 kali dalam sepekan, maka akan berpengaruh pada kemampuan kognitif otak yang meningkat dengan drastis. Anda akan memiliki kemampuan mengingat, berfikir, berkonstrasi bahkan memperoleh ide ide baru yang membuatnya semakin membaik.

5. Otot dan Persendian Menjadi Lebih Kuat

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel dimana pada saat kita bermain bulu tangkis, maka mengharuskan semua anggota tubuh untuk aktif bergerak. Dengan demikian, ada banyak sekali otot otot dan persendian yang aktif. Mulai dari bagian punggul, lengan, panggul, paha, betis, bahu dan juga pinggang.

Hasilnya otot otot dan persendian tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat. Anda tidak perlu khawatir terkena masalah kesehatan radang sendi ataupun penyakit apapun yang berkaitan jika rutin berolahraga seperti permainan badminton.

6. Menurunkan tingkat stres

Pada saat melakukan olahraga badminton, maka otak akan memproduksi hormon seperti dopamine, triptofan, endorphin serta serotonin dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, hormon hormone tersebutlah yang berperan untuk membuat kita lebih bahagia serta mampu meningkatkan suasana hati yang semakin baik. Dengan demikian, kita jadi tidak mudah stres ataupun terkena penyakit kesehatan mental maupun depresi.

7. Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Sebuah penelitian oleh Diabetes Prevention Program menunjukkan bahwa faktanya bermain badminton secara rutin bisa membantu untuk mencegah dan menurunkan resiko diabetes sampai dengan 58 persen. Selain itu, jika Anda hobi melakukannya maka bisa mencegah terkena penyakit berbahaya seperti osteoporosis, kolesterol tinggi hingga obesitas.

Demikianlah informasi selengkapnya yang memberitahu Anda Manfaat Bermain Badminton untuk kesehatan tubuh yang bugar dan berstamina. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Meskipun Badminton bukan lagi jenis olahraga baru, namun sejarah bulu tangkis membuktikan kalau semakin banyak orang menyukai permainan olahraga yang seru dimainkan ini. Teknologi yang maju, memudahkan kita untuk bisa bermain badminton dengan perlengkapan yang lengkap bahkan Anda bisa menyewa lapangan Bulu Tangkis untuk bermain bersama rekan rekan ataupun keluarga. Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan semua manfaat diatas. Semoga bermanfaat.

By admin