luka operasi caesar

Selamat untuk ibu yang melahirkan bayinya! Setelah itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti mengurus luka persalinan dan tentunya si kecil. Seperti luka operasi lainnya, luka operasi caesar perlu dijaga dengan baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan dan mencegah infeksi.

Apa Itu Operasi Caesar dan Luka Apa yang Dihasilkan?

Operasi caesar adalah operasi yang dilakukan pada perut ibu dengan membuat sayatan di perut dan rahim untuk melahirkan bayi. Karena operasi ini adalah operasi besar dengan beberapa risiko, itu dilakukan hanya seperti yang diinstruksikan dan tentunya tidak semua ibu disarankan melakukan operasi caesar yang memperhatikan hanya jika keuntungannya lebih besar daripada kerugiannya.

Selama operasi caesar, dokter akan membuat sayatan sepanjang sekitar 10-20 cm. Sayatan bisa horizontal atau vertikal. Luka operasi caesar merupakan hasil dari sayatan yang cukup besar, sehingga harus diperhatikan cara merawat luka operasi yang benar.

Hubungan Operasi Caesar Dengan Daya Tahan Tubuh Anak

Setelah bayi lahir, sistem kekebalan tubuh mereka berevolusi untuk membantu mencegah infeksi bakteri. Namun, penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar mungkin memiliki kekebalan yang lebih lemah daripada bayi yang lahir melalui persalinan normal. Hal ini karena saat melahirkan normal, bayi terpapar mikroflora dari ibu, dan peristiwa ini memicu perkembangan sistem kekebalan bayi.

Operasi caesar adalah operasi besar. Luka operasi caesar perlu dirawat dengan tepat untuk mencegah infeksi dan komplikasi lainnya. Selain itu, para ibu juga perlu menjaga diri dengan baik, seperti istirahat yang cukup serta makan dan minum untuk membantu mereka pulih dari operasi caesar.

Penting juga menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi agar bisa tetap memberikan ASI eksklusif kepada si kecil. Jika Anda merasa luka operasi Anda terinfeksi, atau jika Anda melihat hal lain misalnya luka tidak kunjung sembuh, sakit yang bertambah di area bekas operasi, dll, Anda dapat segera menghubungi dokter atau staf medis Anda.

Luka operasi caesar memang akan sembuh dengan sendirinya namun sebaiknya menjaga luka tetap kering dan bersih, hindari aktivitas berat, rutin mengganti perban, dll. Selama masa kehamilan, jaga kesehatan ibu dan janin dengan Lactamil Pregnasis sebagai sumber nutrisi penting yang dibutuhkan.

By admin